Kalian Harus, Kudu, Wajib Datang ke Perpustakaan Nasional RI (PERPUSNAS)

Aloha~
Ga kerasa ya tau-tau gue udah bikin postingan baru aja. Biasanya juga ngepost kalo inget doang wkwk. Kali ini gue mau bahas tentang perpustakaan modern yang berada di kawasan Ibukota. Mungkin masih banyak diantara kalian yang baru denger kalo Jakarta punya perpustakaan. Duh lo kemana aja maleeeeeeen. Well, sebenernya sih gue juga tau Perpusnas baru-baru ini karena ada yang ngerekomendasiin gue buat kesana. Niat gue waktu itu emang pure mau baca buku, tapi begitu cari info di google, wah gue dibuat takjub karenanya.

Kenapa takjub?

Ya gimana ga mau takjub. Begitu tau kalo gedung Perpusnas terdiri dari 27 lantai (termasuk basement), gue ga bisa ngomong apa-apa. Gila ya, gedung setinggi itu bukunya ada berapa banyak woy?? Belum lagi liat foto-foto interior dan fasilitas yang ada di gedungnya. Bagus-bagus semuaaaaa huhu. Ngebayangin dateng kesana aja udah bikin gue seneng setengah mati hahahah.
Akhirnya gue bertekad kesana pas libur lebaran. Sayangnya gue malah sakit sampe seminggu. Gagal deh rencana gue.  Minggu selanjutnya gue juga ga bisa. Ada sesuatu hal di rumah yang bikin gue stress. Nah karena faktor stress itu gue maksain jalan ke Perpusnas hari senin kemarin. Gue bener-bener ingin menjernihkan pikiran dan menikmati quality time sendiri.
Gue pergi ke Perpusnas menggunakan ojek online. Dengan membayar sebesar 15k, gue dianter sama abang ojol dari rumah sampai depan gerbang Perpusnas. Oya gue jalan pagi-pagi sekitar jam setengah 9 karena takut antri pas bikin kartu anggota perpus. Catet jam layanan perpustakaannya ya, gaes. Biar bisa atur waktu juga. Soalnya ketika kalian udah disana, kalian pasti betah dan ga mau pulang wkwk.
Gue tiba di perpus jam setengah 10. Sebelum kalian masuk ke gedung Perpusnas yang tinggi, kalian bakal ngelewatin lobby yang bentuknya kayak rumah zaman dulu. Isi dari lobby itu kayak pameran. Kalian bisa belajar tentang asal-usul perpustakaan dan perkembangan aksara yang ada di Indonesia. Cocok deh buat suka cekrek-cekrek aplot. Perpusnas memang Instagram-able.







Kelar jalan-jalan di lobby, kalian bisa langsung pergi ke gedung utama yang digadang-gadang menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Fyi, kalo kalian capek kalian bisa ngaso dulu nih disini.


Gue pun langsung masuk dan menemukan rak buku yang tinggiiiiiiiii banget. Rak ini tingginya sampe 4 lantai dan buku-bukunya bisa kita baca. Kalo kita liat ke paling atas raknya, kita bisa liat peta Indonesia loh! Selain itu terdapat sofa-sofa disekeliling rak buku plus majalah dan koran. Oya disekitar pintu masuk gedung juga ada lukisan Presiden RI mulai dari Pak Soekarno hingga Pak Joko Widodo beserta buku-buku biografi mereka. Gue ga sempet foto karena terlalu asyik liat-liat.
Di lantai 1 juga ada Kafe. Mungkin kalo gue kesini lagi gue bakal ngereview Kafe nya. Gue ga mau kelamaan antri bikin kartu anggota jadi gue cuma foto dari luar aja.
Gue langsung ke loker penitipan tas. Lokernya masih di lantai 1 kok. Btw gue sengaja bawa laptop dan botol minum. Mau coba internetan di Lantai 19 yang katanya pewe wkwk. Kata securitynya kita boleh bawa minum tapi jangan diminum di area baca. Kalo yang bawa laptop nanti dikasih tas transparan. Gue juga dikasih kalung/? yang ada tulisan perpusnas (gue ga tau nyebutnya apa) yang ada kunci dan kartu nomor loker. Dodolnya, gue ga liat kalo di balik kartu itu ada nomor loker. Jadi gue main asal cari loker aja. Mana susah banget dibuka (YA IYALAH ORANG NOMORNYA GA COCOK). Dua kali tuh gue sotoy buka-bukain loker yang bukan punya gue. Hadeh. Sampe akhirnya gue sadar kalo ada nomor di kartunya. Jangan ditiru ya teman-teman. Gue ga mikirin buat foto loker deh. Keburu malu. Untung kaga ditegor sama security huhu.
credit to:
https://www.kaskus.co.id/thread/5a954c54dac13ed9418b4567/panduan-untuk-agan-yang-ingin-mampir-ke-perpusnas/
Jangan lupa untuk foto Direktori Gedung Perpusnas ya, guys. Ini berguna banget soalnya, apalagi bagi kalian yang have no clue saat udah disana. Kalo gue emang udah bikin list lantai apa aja yang mau gue kunjungi karena udah baca pengalaman orang yang berkunjung sebelumnya. Yakni lantai 2 (udah pasti wkwk), 4, 6, 7, 8, 19, 21, 22, dan 24. Ga semua lantai bisa kalian kunjungi. Kayak ruang perkantoran dan ruangan lain yang belum dibuka untuk umum karena alasan tertentu. Buat amannya, kalian coba aja kunjungin lantai yang gue sebut diatas. Mayoritas orang pasti kesana kok. Perpusnas juga dilengkapi lift dan eskalator. Eskalator hanya bisa diakses sampai lantai 4. Selebihnya bisa diakses melalui lift.


⁂ LANTAI 2 ⁂
Gue pun naik eskalator menuju lantai 2. Begitu sampai, kalian bisa langsung liat area pembuatan kartu anggota. Tips biar lebih cepat, mendingan kalian daftar secara online dulu disini http://keanggotaan.perpusnas.go.id/daftar.aspx
Isi sesuai yang diminta nanti kalian dikasih Nomor Anggota. Simpan baik-baik Nomor Anggotanya karena nanti kalian tinggal masukin nomor itu disini, lalu kalian dapet deh nomor antrian untuk cetak kartu anggota perpustakaan. Tanya aja sama petugas atau security. Kalian akan dikasih tau komputer mana yang bisa dipakai untuk meng-input Nomor Anggota. Banyak komputer yang tersedia tapi kebanyakan komputer itu dipake buat orang yang baru mau register/daftar. Begini tampilan daftar online. Bisa dilakuin di rumah kok.
catat nomor anggotanya.
Jangan lupa bawa kartu identitas juga. Soalnya nanti KTP/Paspor kalian bakal dicek pas proses pencetakan kartu anggota. Semua tidak dipungut biaya alias gratis dan prosesnya cepat.




⁂ LANTAI 3 & 4 ⁂
Sebenernya gue mau langsung naik ke lantai 7. Tapi, berhubung liftnya penuh (mau naik lift aja kalian musti antri), gue iseng liat-liat ke lantai 3 dan 4 pakai eskalator. Padahal seinget gue itu baru jam 10 tapi pengunjungnya udah banyak aja wkwk. Ada anak kuliahan yang lagi dapet tugas gambar, ABG yang lagi libur sekolah, dan ga sedikit lansia yang ikut meramaikan. Rame deh pokoknya. Di lantai 3 gue ga nemuin apa-apa. Di lantai 4 gue nemuin kantin dan koperasi yang jual snack dan minuman ringan. Gue belum laper jadinya gue ga masuk situ. Gue kesananya tuh pas makan siang jam 1. Di lantai 4 juga ada ruang pameran dan ruang diskusi. Balkonnya juga dibuka buat umum, ga kayak lantai 3 yang dikunci.


⁂ LANTAI 7 ⁂
INI LANTAI FAVORIT GUE!!
Lantai 7 ini diperuntukkan untuk anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas. Kayaknya gue belum menyinggung hal ini. Tapi fasilitas Perpusnas itu memang juara. Bukan orang biasa aja yang bisa menikmati semuanya tapi juga anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas. Disini juga disediakan buku braille loh. Semua kalangan bisa menikmati fasilitas Perpusnas tanpa terkecuali. Liat aja, sudah ada tiang besi yang berfungsi sebagai pegangan bagi lansia. Tidak ada batasan untuk menggali ilmu. Salut!
Nah sepertinya kedodolan gue berlanjut, gaes. Kita kan disuruh lepas alas kaki sebelum masuk area khusus anak. Gue lepas deh sepatu gue dan gue taruh di deket bangku biru itu karena ada sepatu juga yang ditaruh disitu. Gue ga liat ada rak sepatu. Mana disitu ada security juga. Herannya gue malah ga ditegur. Gue baru ‘ngeh pas udah mau naik lift ke lantai selanjutnya. Tengsin banget gue ya Allah L
Okay, back to topic. Ruang anak ini lucu banget. Interiornya colorful dan banyak bacaan yang dulu sering gue baca. Gara-gara itu gue berasa jadi anak kecil lagi wkwk. Gue isi buku tamu dulu, setelah itu gue liat-liat isi ruangan. Di ruangan ini ada mainan dan panggung mini gitu. Majalah Bobo dan komik juga ada. Buku pengetahuan, ensiklopedia, dan buku dongeng untuk anak semua lengkap disini. Ada beberapa anak kecil juga yang lagi baca buku dan mereka juga anteng-anteng banget L Mereka suka baca buku disitu. Ada satu anak perempuan yang lagi baca eh tau-tau dia bilang ke Ibunya. Kata dia, “Ma, aku suka banget baca buku ini. Ceritanya seru banget. Aku suka baca buku disini!!!”

MY UWU JUMPED OUT SO HARD HUHUHUHUHU. SUCH A CUTIE  ㅠ_____ㅠ

Ga cuma anak-anak aja yang asyik baca buku. Ibu-ibunya pun ngelakuin hal yang sama. Dan gue liat Ibunya juga suka baca buku. Orang serius banget bacanya huhu. Gue 5 tahun lagi mungkin jadi ibu-ibu itu juga kali ya. Biarpun udah dewasa tapi masih suka baca buku anak-anak. Lebih enak begitu sih. Daripada dateng kesitu cuma nemenin anak doang. Bosen pasti. Mending ikut baca, siapa tau anaknya yang kurang suka baca tambah tertarik baca buku karena liat ibunya ehehe. Fix sih gue kalo punya anak bakalan gue ajak kesini tiap seminggu sekali. Udah gratis, dapet ilmu banyak, tempatnya enak, duh surga dunia!






Dulu gue sering dibacain cerita sebelum tidur sama Mama. Ceritanya juga cerita dari Majalah Bobo. Makanya pas gue liat buku koleksi dongeng, gue langsung ambil itu tanpa mikir-mikir lagi. Nostalgia banget deh. Oya kalau kalian udah selesai baca, bukunya jangan ditaruh di rak lagi ya, taruh aja di meja pengembalian buku biar petugas yang ngembaliin buku-buku itu ke tempat semula. Selalu jaga kebersihan ya.


⁂ LANTAI 8 ⁂
Bagi kalian pencinta musik dan film, ruang audio visual ini cocok buat kalian! Disini kalian bisa nonton film, video dokumenter, sampai cd lagu artis-artis terkenal secara cuma-cuma. Tinggal pilih deh apa yang kalian pingin tonton. Maksimal pinjam 2 CD ya, dan harus lapor ke petugas dulu. Koleksi musik dan film disini lumayan banyak. Genrenya pun beragam. Ada yang dalam negeri dan luar negeri. Komputer untuk menonton juga udah disediakan disini. Gue tuh ngincer banget film Keramat dan CD-nya Adele yang 25. Harga aslinya Rp145.000 tapi disini kita ga usah bayar huhu. Sayang sih gue cobain nonton disitu, masih banyak lantai yang harus gue explore huhu.







⁂ LANTAI 21 & 22 ⁂
Bisa dibilang ini lantai sejuta umat. Semua orang yang tujuannya belajar pasti berbondong-bondong kesini. Lantai 21 dan 22 adalah gudangnya buku. Buku pelajaran dan pengetahuan ada disini. Sebelum keliling, gue nyari buku yang pengen gue baca di komputer khusus pencarian buku. Biasalah ya gue mah nyari buku yang ringan kayak teenlit, bukan buku pelajaran. Pas gue cari eh ternyata ga ada. Udah search pakai judul novel, pengarang cerita, tetep aja ga ketemu. Yaudah deh gue langsung menjelajahi rak bukunya. Siapa tau ketemu. Tapi nyatanya ga ketemu juga. Gue udah muterin semua rak buku di lantai 21 tapi ga ketemu novel teenlit/metropop. Akhirnya gue naik ke lantai 22 pakai tangga. Tangganya juga lebar banget. Sampe disediain sofa buat yang mau baca. Jadi ga ada yang gelosoran di tangga lagi.


Sayang seribu sayang, gue ga nemuin novel disana. Gue pun turun lagi dan mengitari tempat yang sama di lantai 21. Gue ambil buku random. Yang penting ada bacaan dan isi bukunya juga ga terlalu berat. Gue pun minjem buku ini. Gue baru baca buku “Magic of Thinking Big” atau “Berpikir dan Berjiwa Besar” karena itu sesuai sama kondisi gue sekarang yang sedang dilingkupi ketakutan akan hal-hal di masa depan.
Loh apa hubungannya?

Jelas ada hubungannya. Ketakutan yang gue alami berasal dari pemikiran gue yang selalu ngerasa kalo gue ini useless dan wortless. Padahal pikiran itu adalah sesuatu yang vital. Dari satu pemikiran jelek, itu akan mempengaruhi semuanya. Mulai dari emosi sampai tindakan yang akan kita lakuin. Gue butuh banget sesuatu yang bisa bikin gue berhenti mikirin hal-hal negatif. Biarpun belum baca semua halamannya, hati dan pikiran gue udah mulai membaik karena buku ini. Dan buku yang satunya ga gue baca. Besok kalau gue kesana lagi pasti gue bakal baca bukunya sampai habis.


Di setiap lantai disediakan toilet. Toiletnya juga bagus dan bersih. Yang mau internetan gratis juga bisa. Sambungin aja jaringan Wi-Fi National Library of Indonesia. Passwordnya tinggal kalian lihat di meja petugas perpus.

⁂ LANTAI 24 ⁂
WaDUH INI SIH SPOT YANG HARUS KUDU WAJIB KALIAN DATENGIN! LO KALO KE PERPUSNAS HARUS BANGET KESINI. DIJAMIN KALIAN BAKAL JATUH CINTA SAMA PEMANDANGAN JAKARTA TERUTAMA SI CANTIK MONAS.
Gue naik ke lantai 24 pas matahari lagi panas-panasnya. Di balkon aja tuh ga ada orang saking panasnya wkwk. Gue fotoin Monas dari atas balkon. Viewnya tuh bagus banget, ga ngerti lagi gue.




Lantai 24 dinamakan sebagai executive lounge, yaitu tempat pertemuan orang-orang penting. Makanya jangan heran kalau kalian ngeliat banyak sekali kursi dan sofa yang diletakkan disini. Yang paling menarik ya sofa ini. Kalian bisa duduk santai dan mengamati indahnya kota Jakarta.




Di lantai ini juga terdapat buku dan fasilitas belajar. Tapi kalian harus nitipin kartu anggota dulu untuk menikmati bacaan dan fasilitas yang ada.

⁂ LANTAI 6 ⁂
Puas foto-foto, gue bergegas ke masjid yang ada di lantai 6 untuk salat dzuhur. Tempat wudhu wanita dan pria dipisah. Masjidnya juga luas, adem, dan karpetnya empuk banget. Kalian ga bakal deh ngerasain sensasi kejedot pas lagi sujud hehehe.

⁂ LANTAI 4 ⁂
Coba tebak, kenapa gue balik lagi ke lantai 4?

Yap, karena gue laper AHAHAHAHAH.

Dari depan gue liat orang-orang udah pada ngantri. Tempat duduknya pun udah hampir terisi semua. Gue pun masuk dan melihat kondisi kantin yang bersih. Ada stand makanan yang berjejer menjajakan berbagai makanan. Di paling ujung, yang banyak orang ngantri, itu stand makanan nasi beserta lauk-pauknya. Disebelahnya lagi ada tukang soto (macem-macem sih sotonya tapi yang gue liat ada soto daging). Disebelah tukang soto ada tukang bakso, gado-gado, es buah, dan jus. Psst, ada es kepal juga loh. Lalu gue pesen bakso semangkok karena denger-denger yang paling murah cuma itu doang WKWKWK. Gue liat di internet ada yang bilang harga bakso semangkok itu Rp15.000. Ternyata emang bener harganya segitu. Kalo nasi dan lauk katanya sekitar 30 ribu. Setelah gue mesen, gue dikasih bon. Kita disuruh bayar dulu di kasir. Nanti salinan bonnya dikembaliin ke abang bakso trus pesenan kita tinggal dianter deh. Oya kita juga dikasih nomor meja biar abangnya tau musti nganterin ke meja yang mana. Gue ngiterin seisi kantin buat nyari meja. Semuanya penuh. Ada sih yang kosong tapi udah diisi sama satu atau dua orang. Kan ga enak. Akhirnya gue duduk di depan stand tukang bakso. Abis ga ada yang duduk disitu. Mejanya kan panjang dan bangkunya macem sofa panjang gitu. Pas gue liat ternyata ada yang numpahin minum disitu. Pantesan kaga ada yang mau nempatin. Gue duduk di ujung meja. Ada ibu-ibu juga disebrang gue yang pake meja itu juga. Ternyata yang numpahin minuman itu adalah anaknya. Hmmm. Yaudah deh toh biarpun rada kotor yang penting gue dapet meja. Baksonya lumayan enak, tapi kurang banyak L Sambelnya juga mantep. Bikin nagih. Selesai makan, gue mau jajan di koperasi. Eh koperasinya malah tutup, lagi istirahat katanya.

⁂ LANTAI 19 ⁂
credit to:
https://www.kaskus.co.id/thread/5a954c54dac13ed9418b4567/panduan-untuk-agan-yang-ingin-mampir-ke-perpusnas/
Ini adalah tujuan terakhir gue. Gue bela-belain bawa laptop buat ngerasain senyaman apa internetan di ruang multimedia. Pas masuk, gue disuruh input data (nama, asal, dll) dan nitipin kartu disitu. Ruangannya penuh. Mana colokannya juga dipake semua. Bete deh gue. Mood buat main laptop langsung ilang seketika. Gue coba liat ke area lain disitu tapi colokannya penuh semua. Tau gitu gue dateng kesini pas selesai bikin kartu deh sebelum keduluan orang. Yang gue ga suka, colokannya cuma satu, ga ada colokan yang bercabang gitu loh. Jadi kalo ada satu orang yang nyolok, yaudah, orang lain ga boleh nyolok. Lebih bikin betenya tuh orang-orang disitu pada betah dan ga mau pulang. Gue tetep main laptop tapi bawaannya udah pengen misuh-misuh. Udah ga dapet colokan, kedinginan (iya, disana dingin banget. Gue nyesel ga bawa jaket), eh Wi-Fi nya juga ngadat dan lemot banget. Batre laptop gue udah sekarat. Akhirnya gue pindah ke ruang multimedia yang disebrang, yang modelnya kayak warnet.
Kedodolan gue masih berlanjut hingga yang ketiga kalinya. Kartu anggota gue masih ditinggal di ruangan tadi. Begitu masuk ruang multimedia yang kek warnet itu, gue dipanggil. Nitipin kartu anggota dulu, baru boleh akses PC. Gue balik lagi deh jadinya. Daaaan PC nya tuh banyak yang pake. Gue kan mau nonton fancam Hoshi pas perform solo di Ideal Cut dan kayaknya privasi gue ga bakal aman kalo gue nonton ditengah banyaknya orang. Gue pun melipir ke belakang. Ada satu area khusus yang dipakein pembatas gitu. Dia area tersebut yang main tuh anak kecil semua. Gue milih PC yang di paling belakang. PC nya dikunci. Gue tanya tuh ke anak kecil itu, kata dia minta passwordnya ke petugas yang didepan. Gue nanya dah tuh. Eh kata petugasnya area itu dikhususkan buat anak-anak SD dan SMP L Udah ada tulisannya kata dia. Jadi, komputer yang dimainin di area itu bisa dipantau sama petugas dan otomatis mati sendiri kalau udah dimainin selama 1 jam. 

Haduh. Iqra’ dong, Milea.... Capek deh gue dari tadi salah mulu karena ga merhatiin tulisan yang ada disitu..

Gue milih PC yang ada ditengah-tengah. Bener-bener keliatan banget dari segala sisi. Mana sebelah gue anak cowok tanggung. Kalo gue tetep maksain buat nonton fancam Hoshi, nanti gue bisa dikecam wkwk. Gue akhirnya buka Youtube sama Twitter. Gue cuma nonton video ewinghd sama jurnalrisa. Mantap cuy, internetnya cepet banget. Ga kayak disebelah WKWKWKW. Disini ga buffering samasekali. Full HD dan layar PC nya gede ahahaha. Gue nonton satu video yang durasinya setengah jam tapi ga ngadat. Puas deh. Lama juga tuh gue ngejogrok disitu. Dari jam 2 sampe jam 4 wkwk.

Overall, Perpusnas adalah tempat yang harus kalian datangi sekali seumur hidup. Buang jauh-jauh pikiran kalian tentang stereotype bahwa perpustakaan adalah tempat yang membosankan. Di Perpusnas, kalian ga bakal ngerasa bosan. Meskipun kalian bukan kutu buku dan kaum yang kalo liat buku tebel aja udah pusing, masih banyak kok kegiatan lain yang bisa kalian lakukan disini. Entah itu nonton film, dengerin lagu, nyobain makanan kantin, cekrek-cekrek aplot, sampai main internet gratis sepuasnya (tapi tau diri juga ya, guys. Ini kan fasilitas umum).


Next time, gue bakal lebih rajin kesini. Bukan cuma nyari hiburan aja tapi bener-bener belajar. Ayo ke Perpusnas! Dan rasakan sendiri sensasinya~ 

I’m Shia signing out. Da-da!


Komentar

Postingan Populer