The Unspoken Truth

I just wanna speak up my mind. Gue akhir-akhir ini suka parno ga jelas. Gue takut sekaligus khawatir gitu. Tiga tahun yang lalu, tepatnya 2014, gue menghabiskan liburan bareng keluarga besar ke Pantai Anyer. Semua keluarga gue diajak. Even my grandpa juga ikut. Tumben sih beliau mau ikut, biasanya ogah diajak jalan. Tbh itu merupakan liburan paling fun yang pernah gue alami. Gak jarang gue bete kalo liburan. Ada aja yang bikin mood gue ancur. Tapi ini enggak. Everything is perfect! Kebetulan ayah gue juga minjem kamera punya kantor jadi semua moment bisa diabadikan. 

Awalnya sih emang ga ada yang janggal. Sampai akhirnya setahun kemudian kakek gue meninggal dunia. Gue emang ga deket sama kakek gue, but gue sedih pas ngeliat ayah gue nangis pas dikasi tau kalau ayahnya udah ga ada. It was so heartbreaking moment guys. Gue hampir nangis saat itu. Gue jadi ngebayangin kalo seandainya orangtua gue udah ga ada suatu saat nanti. Mau umur gue berapa juga tetep aja gue ga mau ditinggal orang tua. They’re the most precious person in my life. My only one treasure yang gabisa diganti dengan apapun. Tangis gue pecah begitu liat jenazah kakek gue dikafani lalu diiringi lantunan ayat suci Al-Quran. Gue ga bisa nahan diri buat ga nangis. Mungkin gue yang nangis paling kejer disitu. Gue inget dulu tiap pulang sekolah gue selalu salim sama kakek gue. Gue juga pernah diomelin gara-gara nginjek ubin rumah dia yang baru dipel. Gue nyesel kenapa gue ga berusaha deket sama beliau.

Waktu rasanya berlalu begitu cepat ketika setahun setelah kakek gue wafat, om gue juga ikut menghadap yang Maha Kuasa. Sama seperti kakek gue, gue juga suka salim ke om gue tiap pulang sekolah. Bedanya, om gue ini orangnya tuh ramah banget. Kadang gue suka ngobrol gitu walau cuma sebentar. Om gue juga baru aja punya cucu dari anaknya yang perempuan. Cucunya lucu banget. Kasian masih sekecil itu udah harus ditinggal kakeknya.

Belum lama ini gue ngeliat foto-foto gue dan keluarga pas liburan di Anyer. Untung semua fotonya udah dicetak, jadi nyokap masih bisa nyimpen fotonya. Begitu liat fotonya, gue langsung kaget ketika ngeliat salah satu foto. Di foto itu ada kakek gue, om gue, dan ayah gue. Ada gue, adek gue, dan sodara gue yang lain juga. Tapi yang ngeliat ke kamera cuma mereka bertiga. Gue dan yang lain membelakangi kamera. Dan mereka (ayah, kakek, dan om gue) duduk bertiga di saung. Posisi mereka berderet gitu. Kan ada mitos ga boleh foto bertiga kan? Katanya ada yang meninggal gitu lah. Nah dulu nenek gue juga foto bertiga sama saudaranya yang cewek. Dan mereka meninggal secara berurutan.

AMIT-AMIT DEH YA JANGAN SAMPE. HUHUHUHU.

Gue takut ayah gue ninggalin gue. Gue ga mau ditinggal begitu aja, gue ga siap dan ga akan mau siap. Gue tuh deket banget sama ayah gue. Kalo ayah gue lagi berantem gitu sama adek gue pasti gue belain ayah, sedangkan mama pasti belain adek gue. Trus ayah gue juga suka curhat gitu ke gue. Apa aja dia bahas bareng gue. Entah itu soal politik, makanan, ataupun artis. Apalagi dia sering ngasih gue wejangan. Ayah gue juga kalo nasehatin gue tuh ga pernah terkesan menggurui, dia nganggep gue kayak temen sekaligus anaknya. Gue gatau harus gimana kalau ayah gue harus pergi ninggalin gue, mama, dan adek gue. Kalo gue liat ayah gue juga sekarang sering pergi ke acara reunian SMA atau SMP nya, komunikasi sama temen-temennya, dan lebih talkactive daripada sebelumnya. Kemaren pas libur tahun baru ayah gue juga sibuk banget beresin segala sesuatu di rumah. Ga ada istirahatnya samasekali. Gue pengen ungkapin ini ke ayah ataupun mama gue tapi gue takut semuanya jadi kenyataan.

Terserah kalian mau bilang gue ini manja atau apalah, yang jelas gue emang ga bisa hidup mandiri tanpa orangtua. Gue masih butuh mereka dalam kehidupan gue. Gue ga mau siapapun untuk ninggalin gue. Gue lebih rela kalau gue yang ninggalin mereka duluan. Karena mereka totally deserve it. Mereka pantas menjalani hidup yang lebih baik dibanding gue. Gue juga lebih bahagia kalau liat keluarga gue bahagia.


So please, stay healthy and live a long life not just for yourself but for everyone around you who loves you so much..

Komentar

Postingan Populer