Cara Membuat SKCK @ Polres Jakarta Selatan ((Valid per Tanggal 14 Februari 2018))


Halo! Lama tak bersua, teman-temanku yang budiman. /halah

Kali ini gue mau bagiin info tentang pembuatan SKCK terbaru tahun 2018. Gue bikin SKCK untuk keperluan daftar kuliah. Proses pembuatan SKCK sekarang pake aplikasi gitu per tanggal 14 Februari 2018. Masih fresh banget kan? Nah bagi kalian yang belum tau, sok atuh menyimak postingan gue. Biar sampe di Polres kalian ga rempong ngurusin ini-itu wkwk.

Step pertama yang kalian harus lakuin sebelum pergi ke Polres adalah menyiapkan berkas-berkas yang akan diserahkan. Berikut daftar berkasnya:

1.      1 LEMBAR FOTOKOPI KTP
2.      1 LEMBAR FOTOKOPI KARTU KELUARGA (KK)
3.      1 LEMBAR FOTOKOPI AKTA KELAHIRAN
4.      1 LEMBAR FOTOKOPI IJAZAH TERAKHIR
5.      6 LEMBAR PAS FOTO UKURAN 4 x 6 BACKGROUND MERAH

Tips: bawa fotokopi cadangan dari berkas-berkas diatas buat jaga-jaga.

Fyi, SKCK untuk keperluan melamar kerja, mendaftar kuliah, hingga urusan yang bersifat antar-negara bikinnya HARUS di Polres. Di Polsek gak bisa. Pembuatan SKCK dikenakan biaya Rp 30.000,-. Sempet googling juga katanya bayar 5k buat sidik jari tapi di Polres Jaksel gue gak disuruh bayar. Oya kalau kalian mau dateng juga jangan siang-siang ya. Lebih baik pagi sekitar jam 9an. Gue aja dateng jam segitu selesainya jam setengah 12 karena lama nunggu.
Setelah selesai nyiapin berkas, kalian langsung cus deh ke Polres. Yang gue bahas disini tuh Polres Jakarta Selatan ya, gue juga kurang tau gimana kebijakan Polres daerah lain. Tiba disana kalian bakal disambut sama banner gede kayak gini.



Dibelakang banner ada 2 loket. Loket kiri dan loket kanan (yang sebelah dispenser). Sebelum kalian download aplikasinya, kalian bayar aja dulu di loket sebelah kiri sekalian ngasih liat berkasnya. Nanti setelah bayar, kalian dikasih semacem tanda bukti kalo kalian sudah bayar sebesar Rp 30.000,-. Berkasnya nanti dibalikin ke kita.

Oke. Saatnya download aplikasi.

1.      Buka Google Play Store
2.      Search di kolom pencarian “SMART JAKSEL”. Pilih aplikasi yang paling atas



3.      Buka aplikasinya
4.      Kalau kalian baru pertama kali pake apk itu, pilih Daftar Akun
5.      Isi data diri kalian sebenar-benarnya
6.      Nanti muncul tampilan kayak gini. Pilih “Smart SKCK”




7.  Tap tanda bulatan dengan simbol “+”
8.  Nanti muncul tampilan kayak gini. Isi semua kolom yang kosong dengan tulisan “TIDAK ADA”. Kalo ada kolom kosong yang tidak terisi nanti kode verifikasinya ga mau muncul setelah kalian kirim datanya.



Gue isi data di aplikasi lewat hp gue gagal mulu sampe 3 kali. Pertama karena ada kolom yang ga diisi, kedua dan ketiganya udah gue cek lengkap tapi kode verifikasi tetep ga nongol juga. Percobaan terakhir gue isi lewat komputer yang ada di depan Ruang Inafis (Ruang buat sidik jari). Sedikit tips, sebelum memasukkan data kalian lebih baik aplikasi yang sudah terbuka di komputer tersebut kalian log out/keluar dulu. Takutnya akun yang kalian pake buat ngirim dan ngisi data itu punya orang lain. Nanti pas aplikasinya ilang, pencet lagi aplikasinya. Ada di shortcut desktop komputernya. Nah gue isi lagi disitu. Tapi kode verifikasinya ga muncul juga. GRRRRRRR NGAJAK RIBUT YA. Gue pun nanya sama mba-mba di loket kanan. Pas dicek data gue udah masuk. Gue disuruh nyerahin berkas ke Ruang Inafis. Abis itu kalian dikasi kertas buat sidik jari. Isi dulu data kalian disitu. Kertasnya banyak kotak kecil-kecil gitu. Di kertas itu ada pertanyaan kayak warna mata, bentuk badan, bentuk hidung, bentuk bibir dsb.

Selesai isi kertas tersebut, serahin lagi ke mas-mas yang di Ruang Inafis. Tinggal tunggu nama kalian deh. Begitu dipanggil, kalian disuruh nempelin semua jari kalian kiri dan kanan ke mesin sidik jari. Setelah itu kalian cuci tangan. Jari lu pasti kotor kena tinta hehe. Cuci tangannya kalo dari Ruang Inafis tuh belok kiri (lewatin taman baca gitu), belok kiri lagi, trus nyampe deh. Tulisannya sih toilet pria tapi isinya cuma wastafel sama sabun cuci tangan. Abis itu kalian balik lagi ke Ruang Inafis. Kertas yang ada kotak kecilnya bakal dibalikin ke kalian. Semua berkas tinggal diserahin deh ke loket kanan. Tunggu dipanggil, dan SKCK kalian pun sudah jadi!

Kalian juga bisa legalisir SKCK. Caranya fotokopi dulu di fotokopian yang ada disitu. Bayar 2000 Rupiah untuk 4 lembar kertas. Trus kasih lagi deh fotokopiannya ke mba loket kanan. Selesai. SKCK kalian siap dipakai. Oya masa berlaku SKCK hanya 6 bulan, gengs.

Baik. Itu dia cara membuat SKCK terbaru 2018 versi gue. Semoga bermanfaat ya, kawan.

I’m Shia signing out. See you next time. Bubyeee~

Komentar

  1. Hai Kak. Persyaratannya ga perlu pakai surat pengantar dari kelurahan kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kak. Maaf ya baru bales komenannya. Surat pengantar sudah ga diperlukan lagi kok :)

      Hapus
  2. Hay ka mau nanya. Ini kalo mau perpanjng SKCK harus juga download aplikasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kak. Untuk info lebih lanjut silakan datang ke Polres setempat ya :)

      Hapus
  3. Hai kalo domisili daerah datang langsung bisa gk ya, soalnya saya udah dapat verifikasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kak. Untuk info lebih lanjut silakan datang ke Polres setempat ya :)

      Hapus
  4. Selain Akte lahir dan ijazah apa bsa ngurus skck...
    surat2 hilang.
    padahal butuh Skck lamar kerja

    BalasHapus
  5. Sudah tdk pakai pengantar RT dan RW yah kaa ...

    BalasHapus
  6. Sy sudah dpt no verifikasii bkin skckya...tp sy ktp daerah n lmpirii domisili

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer